Khasiat Madu Untuk Pengobatan Menurut Al-Qur’an dan Sunah Nabi

Khasiat Madu Untuk Pengobatan Menurut Al-Qur’an dan Sunah Nabi

Berita Terbaru – Madu termasuk salah satu bahan alam yang memiliki banyak khasiat. Tak hanya memiliki banyak khasiat untuk menjaga kecantikan kulit, tetapi madu memiliki khasiat yang lebih daripada itu.

Madu juga sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan bisa menjadi terapi pengobatan beragam penyakit yang diderita oleh manusia. Bahkan al-Qur’an menyebutkan bahwa madu adalah alternatif pengobatan terbaik yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Allah SWT berfirman “Dan Tuhanmu mewahyukan pada lebah “Buatlah sarang – sarang di bukit – bukit, di pohon – pohon kayu, dan di tempat – tempat yang dibuat manusia.” Kemudian makanlah dari tiap – tiap buah – buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam – macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar – benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang – orang yang memikirkan.”(QS. An-Nahl 68-69)

Khasiat Madu Untuk Pengobatan Menurut Al

Sudah tercantum dalam Al-Qur’an bahwa Allah menciptakan lebah yang menghasilkan madu untuk dijadikan alternatif pengobatan sesuai Islam oleh manusia. Lantas, apa sajakah manfaat madu untuk pengobatan?

Manfaat Madu Untuk Pengobatan

Rasulullah SAW bersabda “Hendaklah kalian menggunakan dua obat. AlQur’an dan madu” (HR. Ibnu Majah).

Al-Qur’an dapat menjadi obat untuk penyakit hati (dengki, iri, riak, ghasab, ghadab, dan masih banyak lagi) serta Al-Qur’an dapat menjadi obat bagi semua keraguan dan kebimbangan pada hati manusia. Sementara madu sebagai obat untuk menyembuhkan segala macam penyakit.

Madu Untuk Meredakan Batuk, Influenza, Radang Tenggorokan, Lambung, dsb

Dalam Al-Qur’an sudah tertera bahwa madu merupakan obat dari segala macam penyakit. Pada hakikatnya semua penyakit dapat disembuhkan dengan madu, termasuk batuk, influenza, radang tenggorokan, dan penyakit lambung. Dengan mengonsumsi madu semua penyakit dapat teratasi. Tetapi diperlukan konsumsi secara teratur. Penyembuhannya juga tidak sama pada masing – masing orang. Ada yang cepat dan ada yang agak lama hal ini tergantung jenis penyakit yang diderita. Selain itu pasrahlah kepada Allah dan berdoa.

Menyembuhkan Luka dan Luka Bakar

Pastinya kita sudah sering mendengar bahwa madu sangat efektif melembabkan dan menghaluskan kulit. Ya, itu memang benar. Cairan lebah ini efektif melembabkan dan menghaluskan kulit. Selain itu kandungan zat yang sangat besar dari madu membuat madu dapat juga mengatasi luka bakar dan segala macam luka atau luka akibat infeksi.

Demikian sedikit informasi yang kali ini dapat kami sampaikan sehubungan dengan Khasiat Madu Untuk Pengobatan Menurut Al-Qur’an dan Sunah Nabi. Semoga informasi yang kami uraikan kali ini menjadi informasi yang bermanfaat.

Back to Top