Masakan Nusantara Udang Balado Pedas Khas Minangkabau

Masakan Nusantara Udang Balado Pedas Khas Minangkabau

Berita Terbaru – Udang balado adalah masakan khas nusantara asal Minangkabau yang tengah mencampurkan cabe dan juga rempah-rempah halus ke dalam tumisannya, sehingga mampu menghasilkan masakan udang dengan rasa pedas mantap. Masakan yang satu ini pastinya sangat pas sekali apabila dihidangkan buat mereka para pecinta sajian masakan pedas. Nah, apakah Anda juga merupakan salah satu para pecinta pedas? Jika iya, Anda bisa mencoba membuat masakan udang balao pedas asal Minangkabau ini sendiri di rumah, dengan cara mengikuti langkah membuat masakan udang balado pedas yang akan kami sajikan berikut ini.

Bahan-bahan membuat udang balado pedas

Masakan Nusantara Udang Balado Pedas Khas Minangkabau

Bahan dan bumbu : udang segar 400 gram tanpa kulit, daun kemangi 1 kepal, bawang putih 4 butir, bawang merah 6 butir, cabe rawit 7 buah, tomat besar 1 buah, cabe merah besar 3 buah, terasi 1 sendok teh, garam 1 sendok teh, gula 3 sendok teh, kemiri 2 butir, jeruk nipis dan minyak goreng secukupnya.

Langkah-langkah membuat udang balado pedas

Pertamanya silakan belah jeruk nipis lalu peras dan ambil airnya, setelah itu, silakan siramkan pada udang yang sudah dtaruh ke dalam wadah, diamkan dalam freezer selama beberapa saat.

Sembari menunggu udang selesai didinginkan, Anda bisa menghaluskan semua bahan yang sudah disiapkan tadi hingga halus, lalu masak bahan bumbu tersebut dengan ditumis sampai matang dan baunya harum.

Tambahkan tumisan bumbu halus dengan daun kemangi agar lebih harum dan wangi. Langkah selanjutnya, silakan Anda ambil udang dalam freezer kemudian tuangkan ke dalam tumisan bumbu halusnya. Aduk-aduk sampai rata dan tumis hingga udangnya matang.

Langkah terakhir, siram tumisan dengan air hingga berkuah, aduk-aduk merata dan biarkan kuahnya mengental. Masak sebenatr saja dan angkat.

Supaya terasa lebih nikmat dilidah, Anda bisa nikmati sajian hidangan spesial masakan nusantara udang balado pedas khas Minangkabau ini selagi masih hangat bersama dengan nasi putih yang masih hangat juga. Selamat mencoba membuatnya ya!

Back to Top