Cara Pintar Melatih Anak untuk Mau Berbagi dengan Teman

Cara Pintar Melatih Anak untuk Mau Berbagi dengan Teman

Berita Terbaru – Menjadi seorang orang tua tentu mengharuskan Anda untuk banyak belajar ilmu parenting, tujuannya sebagai bekal nanti untuk menjaga dan mendidik putra putrinya. Merapkan ilmu parenting tidak hanya melalui perkataan saja, tetapi bisa juga memalui sebuahn bermain, karena jika melalui sebuah permainan anak akan lebih menangkap dan senang ketika diajarkan hal baru lewat sesuatu yang mengasyikkan. Nah, buat bunda inilah cara pintar melatih anak untuk mau berbagi dengan teman sebayanya

Cara pintar melatih anak untuk mau berbagi dengan teman

Bermain secara bergiliran

Cara Pintar Melatih Anak untuk Mau Berbagi dengan Teman

Jumlah mainan yang sedikit, sering kali membuat anak saling berebut. jika menang mainan yang ada sedikit, sebaiknya Anda mengatakn hal yang sebenarnya kepada anak sehingga harus bergantian saat memakainya. Karena jika tidak mau bergiliran tidak akan memiliki kesempatan untuk mencoba semua permainan yang ada. Berilah pengertian secara lembut agar anak bisa menerima saran dari Anda.

Bermain peran

Anda bisa mengatakan kepada buah hati apabila kita mau berbagi dengan teman. Secara temannya juga akan menyayanginya dan akan mempunyai banyak teman, karena sifatnya yang mau berbagi itu. Adapun salah satu cara melatih anak agar mau berbagin adalah bermain peran. Contoh permainan ini yang bisa dilakukan seperti bermainan montir mobil, pengusaha makan dan dokter-dokteran. Semua itu bisa dilakukan dengan bergantian peran.     

Berinteraksi dengan teman sebaya

Adapun cara yang berikutnya, yaitu sesering mungkin untuk anak bisa berinteraksi dengan teman sebayanya, karena dengan berinteraksi akan menjadikan anak terbiasa bertemu dan akhirnya menjadi teman akrab. Jika mereka saling tegur sapa dan akrab tentu akan melahirkan sifat berbagi pada setiap diri anak. Untuk itu mulailah mengajarkan pada anak Anda untuk bisa berinteraksi dengan teman sebayanya.

Menginap di rumah kerabat

Dengan Anda mengajak anak menginap di rumah kerabat yang mempunyai anak sebayanya, bisa membuat mereka saling mengenal satu sama lain. Biarkan mereka bermain bersama semalaman jangan sampai Anda melarangnya, seperti makan, belajar, sampai tidur bersama. Dengan cara begitu anak akan merasa akrab, mempunyai hubungan baik dan kedekatan sampai beranjak dewasa nanti.

Demikian sedikit cara yang bisa anda lakukan. Sebenarnya masih banyak cara – cara lain yang bisa anda terapkan. Semoga informasi yang kali ini kami berikan mengenai Cara Pintar Melatih Anak untuk Mau Berbagi dengan Teman bermanfaat.

Back to Top